Sabtu, 07 Januari 2012

Perbedaan wawasan nasional dengan wawasan nusantara



1.      Perbedaan wawasan nasional dengan wawasan nusantara?
Wawasan nasional adalah cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya yang dijabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu sesuai dengan posisi dan kondisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya, Sedangkan wawasan nusantara mempunyai arti cara pandang. Mempunyai arti cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah Nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya. Dengan demikian, wawasan Nusantara berperan untuk membimbing bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan kehidupannya serta sebagai rambu-rambu dalam perjuangan mengisi kemerdekaannya. Wawasan nusantara sebagai cara pandangan juga mengajarkan bagaimana pentingnya membina persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa dan Negara dalam mencapai tujuan dan cita-cita.

2.      Mengapa wawasan nasional setiapbangsa tidak sama?
Alasan mengapa wawasan nasional pada setiap bangsa tidak sama, karena suatu bangsa yang telah mendirikan suatu negara, dalam menyelenggarakan kehidupannya tidak terlepas dari pengaruh lingkungannya. Pengaruh itu timbul dari hubungan timbal balik antara filosofis bangsa, ideologi, aspirasi serta cita-cita dan kondisi sosial masyarakat, budaya, tradisi, keadaan alam, wilayah serta pengalaman sejarahnya.
Setiap negara atau bangsa memiliki sifat,tujuan, tradisi, budaya, geografis dan wilayah serta pengalaman sejarah yang berbeda antara satu bangsa dengan bangsa yang lain sehingga tidak akan mungkin setiap negara akan memiliki wawasan nasional yang sama,perbedaannya terlihat jelas.

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo persamaan dan perbedaan wawasan nusantara,wawasan nasional,dan wawasan kebangsaan

r.depinaa mengatakan...

Anak esgul ya HAHA

Rifki Pratama mengatakan...

Wkwkwk anak esgul nyari sampe kesini juga pasti tugas pkn sesi 6 wksm

Unknown mengatakan...

ngakak

Unknown mengatakan...

ANJIR BISA GINI WKWKWK

Unknown mengatakan...

anak esgul ngerjain pkn sesi 6 hadirr wkwk

fdly mengatakan...

BHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHA ANJIRR ESGUL PRIDE

Unknown mengatakan...

owkwowkwowkw anak esgul semua